Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013

Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013 - Hallo sahabat Soal Pelajaran, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel K13, Artikel Kelas 8, Artikel PAT, Artikel Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Artikel PJOK, Artikel Sem.2/Genap, Artikel SMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013

Soal dan Kunci Jawaban PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 Kurikulum 2013/K13

Soal dan Kunci Jawaban PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 Kurikulum 2013/K13 yang kami bagikan ini merupakan contoh soal yang dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau guru kelas sebagai suatu contoh atau pandangan untuk membuat Soal PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 Semester Genap. Seperti yang kita ketahui bahwa tugas seorang pendidik atau guru tidak hanya mengajar dan membuat Buku Kerja Guru, tetapi juga membuat soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada setiap akhir semester Genap untuk menguji atau mengukur pencapaian komptensi siswa.

Menurut buku Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidik Revisi 2017, Penilaian Akhir Tahun adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan Kompetensi Dasar (KD) pada semester genap saja.

Hasil penilaian akhir tahun, selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

Untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar/KD siswa, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai acuan penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus menentukan kriteria untuk memutuskan apakah seorang peserta didik sudah mencapai KKM atau belum.

Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar. Peserta didik dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri dan penilaian antar teman sebagai sarana untuk berlatih melakukan penilaian. Di bawah ini diuraikan secara singkat berbagai pendekatan penilaian, prinsip penilaian, serta penilaian dalam Kurikulum 2013.

Kriteria Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas peserta didik ditetapkan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang telah disepakati oleh seluruh warga satuan pendidikan, seperti minimal kehadiran, ketaatan pada tata tertib, dan peraturan lainnya yang berlaku di satuan pendidikan tersebut.
Peserta didik SMP dinyatakan naik kelas apabila memenuhi syarat:
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
b. Deskripsi sikap BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
c. Nilai ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan minimal BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
d. Tidak memiliki LEBIH DARI 2 (dua) mata pelajaran yang masingmasing nilai kompetensi pengetahuan dan/atau kompetensi keterampilan di bawah KKM atau belum tuntas.
e. Kriteria lain yang dipandang perlu oleh satuan pendidikan.

Soal PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini dibuat menggunakan aplikasi pengolahan kata atau biasa kita sebut Microsoft Word sehingga bapak/ibu guru bisa dengan mudah mengedit/mengubah sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing.

Berikut Soal PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 :

NASKAH SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20../20..

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Kelas / Semester : VIII / Genap
Hari / Tanggal :
Waktu : 07.30 – 09.30

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Posisi awal dari aktivitas gerakan meroda dalam senam lantai yaitu .....
A. berdiri menghadap ke arah depan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke depan
B. berdiri menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke depan
C. berdiri menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke arah samping
D. berdiri menghadap ke arah depan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke arah samping

2. Pada gambar di atas yang merupakan tahapan pelaksanaan gerakan meroda dalam senam lantai ditunjukan oleh nomor .....
A. 1, 2, 3, 4 dan 5     C. 3, 4, 5, 6, dan 7
B. 2, 3, 4, 5 dan 6     D. 1, 2, 3, 5 dan 7

3. Gerakan meroda merupakan salah satu gerakan senam lantai yang agak sulit untuk dilakukan. Agar
mudah untuk melalukan gerakan meroda diperlukan latihan yang sering, salah satunya berlatih
dengan metoda bermain. Permainan tradisional yang dapat membantu untuk berlatih gerakan meroda
adalah .....
A. Lompat tali/karet    C. Gobak Sodor
B. Egrang               D. Boi-boian

4. Unsur-unsur kebugaran jasmani apa saja yang diperlukan pada saat melakukan gerakan meroda .....
A. Kecepatan, Kekuatan dan Keseimbangan
B. Kekuatan, Daya tahan otot dan Keseimbangan
C. Kelentukan, Keseimbangan dan Kekuatan
D. Daya tahan otot, Kelentukan dan Kelincahan

5.
Urutan gerakan guling depan yang benar yaitu…..
A. 4-6-7-8-3-1-5-2 
B. 2-5-7-8-1-4-3-6 
C. 7-8-5-4-6-3-1-2 
D. 5-1-4-6-3-8-7-2

6. Berikut ini yang merupakan tahap pelaksanaan gerak guling lenting adalah ..…
A. Letakkan telapak tangan di samping kepala, tarik tumit mendekati pinggul, dorongkan kedua kaki dan tangan ke lantai hingga badan terangkat dari lantai dengan posisi melenting.
B. Turunkan tangan satu per satu ke matras diikuti kaki naik keatas, hingga kedua lengan bertumpu pada matras, kedua kaki lurus ke atas, badan lurus, turunkan kembali kaki satu per satu ke matras diikuti kedua lengan terangkat dari matras, hingga posisi berdiri dan kedua lengan lurus ke atas
C. Angkat pinggul ke atas, kedua kaki lurus, kedua lengan lurus, masukan kepala diantara dua tangan hingga bahu menyentuh matras, lecutkan kedua kaki ke depan atas hingga pinggang melenting dan kedua ujung kaki mendarat pada matras.
D. Meletakkan kedua telapak tangan pada matras, masukkan kepala diantara kedua lengan, gulingkan badan ke depan saat bahu menempel matras, dan akhir gerakan jongkok dengan kedua lengan lurus ke depan, tahap kedua, dari posisi jongkok, letakkan kedua telapak tangan pada matras angkat

7. Gambar diatas menunjukan rangkaian gerak guling depan dan guling lenting. Yang membedakan gerakan guling depan dan guling lenting adalah…..
A. Pada saat perkenaan pertama dengan matras
B. Pada saat awalan dan pelaksanaan
C. Pada saat memutar badan dan pendaratan
D. Tidak ada perbedaan

8. Dari gambar berikut ini manakah yang merupakan rangkaian gerakan guling depan, guling lenting

9. Gerak langkah kaki dalam aktivitas senam irama yaitu …. 
A. Langkah maju, langkah mundur dan langkah samping
B. Langkah biasa, langkah kaki rapat dan langkah keseimbangan
C. Langkah lurus, langkah lompat, dan langkah putar
D. Langkah silang, langkah putar dan langkah biasa

10. Perbedaan langkah biasa dengan langkah keseimbangan yaitu .....
A. Sikap akhir langkah biasa berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua lengan di samping, sedangkan langkah keseimbangan berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan.
B. Sikap akhir langkah biasa berdiri tegak kedua kaki rapat, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan, sedangkan langkah keseimbangan berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan
C. Sikap awal langkah biasa berdiri sikap tegak, langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan/tolak pinggang, pandangan ke depan sedangkan langkah keseimbangan berdiri posisi tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan/tolak pinggang pandangan ke depan
D. Sikap akhir langkah biasa berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan, sedangkan langkah keseimbangan berdiri tegak kedua kaki rapat, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan

11. ................

Link download Soal Full :

  • Soal PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 K.13 - Unduh
  • Kunci Jawaban PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 K.13 - Unduh
  • Kisi-Kisi Soal PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 8 K.13 - Unduh

Rekomendasi Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PAT SMP/MTs Kurikulum 2013 :

Baca juga




Demikianlah Artikel Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013

Sekianlah artikel Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013
link : Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013

0 Response to "Soal dan Jawaban PAT PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013"

Posting Komentar