Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022

Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022 - Hallo sahabat Soal Pelajaran, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa Indonesia, Artikel K13, Artikel Kelas 8, Artikel Sem.2/Genap, Artikel SMP, Artikel UTS/PTS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022

Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022

Kisi-kisi, Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Semester Genap. Soal Ujian Tengah Semester (UTS) / Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Semester Genap ini merupakan contoh soal yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar maupun guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 atau guru kelas sebagai bahan untuk membuat Soal PTS Bahasa Indonesia Semester 2 Kurikulum 2013.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tugas seorang pendidik atau guru tidak hanya mengajar dan membuat Buku Kerja Guru, tetapi juga membuat soal Penilaian Tengah Semester (PTS) pada setiap tengah semester untuk menguji atau mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

Sesuai dengan buku Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidik Revisi 2017, Ulangan Tengah Semester (UTS) atau yang sekarang biasa kita sebut sebagai Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke-­8 atau ke­-9 dalam satu semester, baik pada semester 1 (Genap) maupun semester 2 (Genap). Adapun materi PTS meliputi semua Kompetensi Dasar/KD yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke­-7 atau ke-­8.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini dibuat menggunakan aplikasi pengolahan kata atau biasa kita sebut Microsoft Word sehingga bapak/ibu guru bisa dengan mudah mengedit sesuai dengan kebutuhan bapak/ibu di sekolah masing-masing.

Berikut Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 20…/20…

Hari, Tanggal : …., ………. 20..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Waktu : 07.30 s/d 09.30 WIB

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C dan D di bawah ini!
Bacalah Teks Berikut dengan Seksama!
Awal pemerintahan Kabupaten Bandung dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.
Sebelum mencapai bentuk pemerintahan sekarang, Kabupaten Bandung mengalami perkembangan kekuasaan dari zaman ke zaman. Pada masa Kerajaan Pajajaran berkuasa, sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, di tatar Periangan belum ada bentuk kabupaten, hanya terdiri atas beberapa keprabuan. Istilah keprabuan diambil dari kata prabu yang berarti 'leluhur' atau 'raja muda'.
Pada tahun 1575 yang berkuasa di daerah Pajajaran adalah pemerintahan Islam. Dilanjutkan pemerintahan Mataram (1621-1677) dan pemerintahan Belanda. Saat Mataram berkuasa itulah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten.
Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot.
Pada masa Bupati Wiranatakusumah II (1794-1829) Ibu Kota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (Dayeuhkolot) ke pinggir Sungai Cikapundung atau Alun-alun Bandung sekarang.
Pemindahan tersebut berdasarkan perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda,"Deandels". Peristiwa itu terjadi pada 25 Mei 1810. Alasan pemindahan tersebut akan memberikan prospek baik terhadap perkembangan wilayah itu.
Pada saat itu Deandels yang mendapat julukan "Mas Galak" tengah membuat jalan dari Anyer ke Panarukan. Kebetulan jalur tersebut melewati tatar Priangan atau Kota Bandung pada saat sekarang ini.
(dokumentasi penulis)
1. Teks tersebut di atas dapat disebut dengan eksplanasi karena …..
A. Menjelaskan sejarah
B. Menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu
C. Menceritakan sesuatu
D. Memberi argumentasi atau pendapat terhadap sesuatu

2. Kalimat yang mengisi teks ekplanasi dalam setiap paragrafnya berisi …..
A. Fakta                C. Argumentasi
B. Karangan cerita      D. Narasi

3. Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan mengapa, uraiannya akan bersifat…..
A. Kausalitas       C. Argumentatif
B. Kronologis       D. Deskriptif

4. Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, uraiannya akan bersifat…..
A. Kausalitas
B. Kronologis
C. Argumentatif
D. Deskriptif Perhatikan teks berikut!

Pembentukan dan pengawetan suatu fosil
mensyaratkan bahwa beberapa struktur terbenam
dalam keadaan yang akan dapat memperlambat
pembusukan. Fosil yang ditemukan biasanya tidak
selalu utuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor
seperti aktivitas organisme pengurai, aktivitas
geologis kulit bumi, pelapukan oleh cuaca dan air,
dan dimakan oleh organisme lain. Fosil yang utuh
dan lengkap biasanya terawetkan dalam salju atau
karena termineralisasi. Fosil yang berupa jejak dapat
merupakan tapak kaki, tangan, dan daun tumbuhan.
Cuplikan tersebut menjelaskan proses pembentukan
dan pengawetan fosil.
5. Teks tersebut di atas disusun dengan menggunakan pola …..
A. Kausalitas       C. Argumentatif
B. Kronologis       D. Deskriptif

6. Dengan demikian, tropisme sesungguhnya merupakan gerak dari bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan. Hal itu ternyata berbeda dengan gerak pasti, arah gerak tropisme bergantung pada arah datangnya rangsangan.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa …..
A. Identifikasi fenomena
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

7. Awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa …..
A. Identifikasi fenomena
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

8. Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa …..
A. Identifikasi fenomena
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

9. Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebang liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Kerusakan hutan tersebut juga disebabkan oleh pemilik hak pengusahaan hutan (HPH) dalam melakukan reboisasi.
Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah …..
A. Konjungsi kausalitas
B. Konjungsi kronologis
C. Konjungsi argumentatif
D. Konjungsi biasa

10. Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya, di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot
Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah …..
A. Konjungsi kausalitas
B. Konjungsi kronologis
C. Konjungsi argumentatif
D. Konjungsi biasa

11. ................

Download full Soal dan kunci jawabannya dibawah ini :

rekomendasi :


Lihat panduan cara download Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 DISINI.

Baca juga




Demikianlah Artikel Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022

Sekianlah artikel Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022
link : Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 - revisi 2022"

Posting Komentar