RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022

RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022 - Hallo sahabat Soal Pelajaran, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel K13, Artikel Kelas 7, Artikel Prakarya, Artikel RPP, Artikel Sem.2/Genap, Artikel SMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022

Download RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2

Download Full BAB RPP 1 Lembar Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Semester 2/Genap Kurikulum 2013 sesuai SE No. 14 Tahun 2019 - Seperti yang kita ketahui bersama berdasarakan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, atau sederhananya Surat Edaran tersebut menjelaskan tentang adanya perubahan pada komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mulanya terdiri dari 13 komponen kini dipangkas hanya menjadi 3 komponen saja yaitu Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah (Kegiatan) Pembelajaran, dan Penilaian (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh tiap-tiap guru. Sedangkan untuk komponen lain hanya bersifat pelengkap saja.

Dengan adanya perubahan tersebut, maka bapak/ibu guru wajib untuk dapat beradaptasi sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 ini. Namun, baik itu Sekolah/kelompok guru mata pelajaran dalam sekolah/Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru dapat secara bebas membuat dan menggunakan format RPP 1 Lembar secara mandri sesuai dengan prinsip efektif, dan berorientasi pada murid.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang contoh RPP 1 Lembar Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 yang sesuai dengan SE No. 14 Tahun 2019 yang dapat bapak/ibu guru manfaatkan sebagai bahan untuk menyusun RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 2/Genap Kurikulum 2013.

RPP 1 lembar mata pelajaran Prakarya Kelas 7 Semester 2/Genap yang kami bagikan ini dibuat menggunakan aplikasi pengolahan kata atau biasa kita sebut Microsoft Word sehingga bapak/ibu guru bisa dengan mudah mengedit/mengubah sesuai kebutuhan di sekolah bapak/ibu guru masing-masing.

Berikut RPP 1 Lembar Pelajaran Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Semester 2/Genap :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP ......
Mata Pelajaran : Prakarya (Rekayasa)
Kelas/Semester : VII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 80 Menit
Materi Pokok : Jenis-Jenis Dan Fungsi Teknologi Konstruksi

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
  2. Memahami dasar dan perkembangan teknologi konstruksi ergonomic
  3. Memahami jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic

Media Pembelajaran & Sumber Belajar:
  • Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian dan LCD Proyektor ilmuguru.org
  • Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus,
  • Sumber Belajar : Buku Prakarya Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016, buku refensi yang relevan serta lingkungan setempat

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
Pendahuluan (15 menit)
  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  2. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
  3. Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Dasar Dan Perkembangan Teknologi Konstruksi, Jenis-Jenis, Fungsi Konstruksi, Dan Prinsip Ergonomic.
  4. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti
(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI
  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Dasar Dan Perkembangan Teknologi Konstruksi, Jenis-Jenis, Fungsi Konstruksi, Dan Prinsip Ergonomic.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
  • Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Dasar Dan Perkembangan Teknologi Konstruksi, Jenis-Jenis, Fungsi Konstruksi, Dan Prinsip Ergonomic.

COLLABORATION (KERJASAMA)
  • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Dasar Dan Perkembangan Teknologi Konstruksi, Jenis-Jenis, Fungsi Konstruksi, Dan Prinsip Ergonomic.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)
  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Dasar Dan Perkembangan Teknologi Konstruksi, Jenis-Jenis, Fungsi Konstruksi, Dan Prinsip Ergonomic. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)
  1. Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  2. Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

C. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
  • Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
  • Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan Penilaian Produk

Contoh diatas adalah sebagian dari RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 2 yang dimana bentuk dan tampilannya masih berceceran atau acak-acakan. Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 2 full dan sudah dalam bentuk yang rapih, silahkan bapak/ibu bisa mendownload file word-nya di link yang sudah kami sediakan dibawah ini.

RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 :

Materi Pokok :

Materi Pokok :


RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 :

[Lengkap] Perangkat Pembelajaran Prakarya (Rekayasa) SMP/MTs Kelas 7 :

Baca juga




Demikianlah Artikel RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022

Sekianlah artikel RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022
link : RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022

0 Response to "RPP Prakarya (Rekayasa) Kelas 7 Semester 2 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar