RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021 - Hallo sahabat Soal Pelajaran, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa Indonesia, Artikel K13, Artikel Kelas 7, Artikel RPP, Artikel Sem.1/Ganjil, Artikel SMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013

Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013 sesuai SE No. 14 Tahun 2019 - Seperti yang kita ketahui bersama berdasarakan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, atau sederhananya Surat Edaran tersebut menjelaskan tentang adanya perubahan pada komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mulanya terdiri dari 13 komponen kini dipangkas hanya menjadi 3 komponen saja yaitu Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah (Kegiatan) Pembelajaran, dan Penilaian (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh tiap-tiap guru. Sedangkan untuk komponen lain hanya bersifat pelengkap saja.

Dengan adanya perubahan tersebut, maka bapak/ibu guru wajib untuk dapat beradaptasi sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 ini. Namun, baik itu Sekolah/kelompok guru mata pelajaran dalam sekolah/Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru dapat secara bebas membuat dan menggunakan format RPP 1 Lembar secara mandri sesuai dengan prinsip efektif, dan berorientasi pada murid.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang contoh RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 yang sesuai dengan SE No. 14 Tahun 2019 yang dapat bapak/ibu guru manfaatkan sebagai bahan untuk menyusun RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013.

RPP 1 lembar mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 semester 1/Ganjil yang kami bagikan ini dibuat menggunakan aplikasi pengolahan kata atau biasa kita sebut Microsoft Word sehingga bapak/ibu guru bisa dengan mudah mengedit/mengubah sesuai kebutuhan di sekolah bapak/ibu guru masing-masing.

Berikut RPP 1 Lembar Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1/Ganjil revisi 2021 :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP N ......
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 Menit
Materi Pokok Sub Materi Pokok
Teks Deskripsi 1.1 Pengertian Teks Deskripsi

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami pengertian teks deskripsi
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

B. MEDIA PEMBELAJARAN, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016

C. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan
(15 Menit)

1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
2. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
3. Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Pengertian teks deskripsi.
4. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti
(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian teks deskripsi.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian teks deskripsi.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian teks deskripsi.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian teks deskripsi.
Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup
(15 Menit)

1. Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
2. Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D. PENILAIAN
- Penilaian Pengetahuan : berupa tes tertulis pilihan ganda, tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan.
- Penilaian Keterampilan : berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio.

Contoh diatas adalah sebagian dari RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 yang dimana bentuk dan tampilannya masih berceceran atau acak-acakan. Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 full dan sudah dalam bentuk yang rapih, silahkan bapak/ibu bisa mendownload file word-nya di link yang sudah kami sediakan dibawah ini.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022 :

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022 :

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Tahun 2021/2022 :

Baca juga




Demikianlah Artikel RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021

Sekianlah artikel RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021
link : RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2021"

Posting Komentar